FAKTA KOLABORASI IU DAN SUGA BTS *Kookie yang sabar yaa




Annyeong, chingu-nya Adel.


         Adel kembali lagi nih, dan kali ini aku mau review atau share something about kolaborasinya IU dan Suga yang sudah terlaksana kemarin tanggal 6 Mei 2020 dengan judul Eight (에잇).

         Lagu berjudul Eight ini merupakan digital single terbaru IU yang diproduseri langsung oleh Suga, selain itu Suga juga menjadi partner duet IU loh dengan menyumbangkan suara rapper nya yang khas.

Dalam video klip yang dirilis oleh EDAM Entertainment ini, IU hadir dengan cantik menampilkan berbagai sisi emosional disertai dengan animasi tokoh dirinya yang imut dan tentu saja cantik. Suara lembut milik IU pun berpadu sempurna dengan nyanyian rap SUGA yang khas.

         Nah, sebelum Adel membahas lebih lanjut tentang Music Video Eight (에잇) ini, yuk mari kita bahas latar belakang atau fakta-fakta yang mendukung mereka bisa bekerja sama : 

1. IU - Suga Kelahiran 1993
 
          IU dan Suga BTS memiliki tahun lahir yang sama, yaitu lahir pada tahun 1993. Suga lahir terlebih dahulu, yaitu pada bulan Maret dan IU lahir pada bulan Mei.
         Meski telah menginjak usia 27 tahun, tetapi IU dan Suga sama-sama memiliki wajah yang tetap terlihat muda. Memiliki karir yang luar biasa, wajah yang sangat visual, dan karya yang tak kalah hebat membuat IU dan Suga akan menjadi partner line 93 yang luar biasa.
         Mungkin hal tersebut yang melatarbelakangi IU untuk mengajak Suga bergabung atau berkolaborasi dalam single terbaru IU. Karena fyi nih chingu, di Korea, mereka lebih nyaman bergaul dengan teman sebaya atau seumuran.

 2. IU - Suga Awalnya Kurang Terkenal
         Ketika mereka debut, IU dan Suga tidak langsung terkenal seperti sekarang. Mereka harus bersaing melawan para idol Kpop lainnya yang berada di agensi besar. Seperti IU yang sudah debut pada tahun 2008, tetapi baru banyak dikenal khalayak ramai karena lagu Good Day yang ia nyanyikan pada tahun 2011. Dan lagu tersebut merupakan lagu luar biasa yang dimiliki oleh IU, karena banyak nada tinggi yang ia nyanyikan dalam lagu ini.
         Lalu hal yang sama pun dilalui oleh Suga yang debut pada tahun 2013 dan baru banyak dikenal publik pada tahun 2015 bersama grup mereka BTS. Dan tentu saja karir suga semakin naik hingga saat ini, dengan banyaknya penghargaan internasional serta karir yang mendunia. IU serta Suga saat ini pun telah banyak di akui oleh khalayak ramai dengan prestasi dan kepiawaian mereka dalam dunia musik.

3. IU - Suga Bukan Dari Agensi Besar

         Memiliki nama besar saat ini, IU dan Suga ternyata bukan berasal agensi besar loh. Bahkan dulu IU pernah audisi dengan agensi JYP dan tidak diterima. Pada tahun 2007 IU pada akhirnya bergabung dengan LOEN Entertainment yang merupakan agensi kecil saat itu, tetapi berkat IU pada akhirnya agensi tersebut dikenal oleh banyak orang dan tentu saja menjadi salah satu agensi yang ternama saat ini.
         Tak berbeda dengan IU, Suga juga masuk di agensi BigHit Entertainment yang kala itu akan mengalami kebangkrutan. Tetapi karena BTS, BigHit Entertainment terselamatkan dan juga menjadi salah satu agensi yang ternama di Korea Selatan.
         Bangga banget ya, chingu sama mereka, bukan agensi yang membuat mereka besar, tapi mereka yang membuat agensi tempat mereka bernaung menjadi besar karya dan prestasi yang mereka miliki. (yang tentunya dengan campur tangan agensi-nya juga, chingu^^)

4. IU - Suga Terlahir Dari Keluarga Yang Kurang Berada


         IU dan Suga datang dari keluarga yang kurang berada. Sudah bukan rahasia lagi bila IU dulu hidup dengan keprihatinan. Bahkan ia pernah dititipkan untuk tinggal bersama neneknya dan berpisah dengan orang tua karena hutang keluarga yang ia alami. Belum lagi IU yang pernah tinggal di rumah kecil dan memiliki banyak kecoa di dalamnya.
         Sama seperti IU, Suga lahir dari keluarga yang sangat sederhana. Bahkan dalam sebuah wawancara, Suga berkata "Setelah aku debut, aku kembali ke asrama dan duduk di sana menatap kosong. Aku tidak percaya, seorang anak dari keluarga Daegu yang miskin akan berhasil".
         Walaupun Suga tak percaya bila ia telah debut, tetapi saat ini Suga lebih berhasil dengan karir yang luar biasa hingga mancanegara. Banyak yang telah mengetahui bahwa, Suga memberanikan diri untuk datang ke Seoul demi cita-cita yang ia impikan. Bahkan Suga sempat bekerja sebagai jasa pengantar hingga mengalami kecelakaan yang membuat bahunya cedera. Terkenal dengan pandai dalam membuat lagu, Suga juga menjual lagu-lagu miliknya hanya untuk makan saat itu.
         Tak berbeda dengan Suga, dalam meniti karir, IU juga pernah mengikuti audisi sebanyak 20 kali hingga ia ditipu oleh perusahaan hiburan palsu sebelum akhirnya ia bergabung dengan LOEN Entertainment pada tahun 2007.          Itulah mengapa IU maupun Suga BTS selalu bersikap rendah hati, karena jalan yang mereka tempuh tidak mudah untuk dilalui, hingga mereka harus berusaha lebih keras untuk menjadikan mereka sukses hingga saat ini.

5. IU - Suga Musisi Berbakat

         IU dan Suga sangat berbakat dalam musik. Sudah menjadi rahasia umum apabila IU dan Suga memiliki ketertarikan luar biasa terhadap musik. Hal itu dibuktikan dengan keduanya yang mampu menghasilkan karya sendiri yang luar biasa. Banyak lagu dan juga lirik yang telah dibuat oleh IU serta Suga yang tentu sangat di sukai oleh banyak penggemar mereka.
         Tak hanya itu saja, IU dan juga Suga telah diakui sebagai komposer di bawah naungan KOMCA berkat lagu-lagu mereka yang hampir semuanya populer. Seperti Suga yang disebut sebagai bank musik bagi karena banyak karya yang telah dibuat olehnya dan telah di bawakan oleh BTS. Lagu-lagu tersebut di antaranya yaitu, Song Request, Give it to Me, Agust D, dan masih banyak lagi.
         Tak berbeda dengan Suga, IU juga banyak menciptakan lagu untuk ia nyanyikan sendiri, dan tentu saja lagu-lagu tersebut menjadi populer. Lagu-lagu yang telah dibuat oleh IU antara lain, Peach, Palette, Twenty Three, dan masih banyak lagi. Dan tentunya lagu-lagu tersebut sangat populer dan diterima dengan baik oleh para penggemar mereka.

6. IU - Suga Memiliki Riwayat Gangguan Kecemasan


        IU dan Suga sama-sama memiliki gangguan kecemasan. Hal tersebut mereka alami karena persaingan di industri hiburan Korea Selatan yang sangat keras. Pada awal debut, Suga telah mengalami gangguan kecemasan karena ia takut tidak di hargai dengan usaha yang telah ia lakukan. Lalu IU yang mengalami kecemasan karena takut akan kemampuannya bernyanyi yang tidak di akui.
         Itulah sebabnya IU melampiaskan kecemasannya dengan banyak makan, dan pada akhirnya membuat ia mengalami gangguan makan serta mempengaruhi ukuran badannya yang terlihat sangat kecil.


***

         Bagaimana chingu ? Dengan segala macam fakta berupa persamaan yang Adel sudah jelasin diatas, mereka emang cocok ya *Bang Jungkook yang sabar yaaa...

Eitssss...

         Cocok disini dalam artian kolaborasi ya chingu. Karena untuk memproduksi sebuah lagu, pasti diperlukan sebuah kesamaan dan rasa nyaman, dan dengan melihat fakta-fakta diatas, aku rasa IU tepat mengajak Suga berkolaborasi. Dan...

BOOOMMMM...

         Ternyata meledak lagu ini yang jadi trending topic di Korea maupun internasional. Belum genap 1 hari rilis sudah banyak loh, chingu, prestasi yang sudah mereka dapatkan lewat single terbaru ini. Congratulation to both of u, IU and Suga!!! 💓💓💓💓
 
         And then... aku menanti BTS buat react MV ini. Lengkap semua membernya termasuk Jungkook, pengen lihat gimana reaksinya ngelihat IU yang benar-benar cantik di MV ini, selain itu pengen ngelihat reaksi mereka juga tentang lagu yang diproduseri Bang Suga. 

Sekian blog kali ini, terima kasih^^

***

Related Post :
MENGULAS TUNTAS TENTANG BOYGRUP TXT 
KUMPULAN ALBUM DAN TRACK LIST BTS 2013 - 2018
SEMUA TENTANG ALBUM DEBUT BTS: 2 Cool 4 Skool [2013] 
FMV BTS (방탄소년단)– 'Answer : Love Myself' [Eng/Indo sub]
Cover by V - Someone Like You (BTS Drama ver.) [Indo sub]

Comments