SEJARAH BTS X ARMY


             BTS ? Bangtan Boys ? Siapa sih yang nggak kenal boygroup asal Korea Selatan ini ? Nama BTS telah melambung sejak tahun 2017 setelah mengeluarkan album 'Love Yourself' yang berisi lagu-lagu hits yang sangat diterima dan dicintai masyarakat diseluruh penjuru dunia. Bahkan, BTS adalah idol Kpop pertama kali yang diundang untuk menghadiri sekaligus menerima penghargaan di ajang musik yang paling bergengsi di seluruh dunia, yaitu Billboard Music Award. Mereka menerima penghargaan dengan kategori Artist Music Award yang sebelumnya selalu diraih oleh Justin Bieber selama 6 tahun lho guys!!! Waw…
             Dan tak hanya itu, BTS ini juga diketahui hadir dan perform di AMA (American Music Award) dan menjadi idol Kpop pertama yang tampil di acara penghargaan tersebut. Selain itu, BTS pun turut menjadi bintang tamu di berbagai acara terkenal di Amerika, seperti Late-Night Talk Show Jimmi Kimmel Live, The Ellen DeGeneres Show, The Late Late Show With With Jimmy Corden , dan terakhir mereka tampil di Dick Clarcks New Years Rockin Eve 2018 untuk merayakan acara tahun baru, yang disambut antusias oleh penggemar.
             Berbicara tentang BTS, tak lupa kita juga harus membicarakan tentang sederet prestasi yang telah diraih. And FYI nih, bahwa BTS ini merupakan satu-satunya idol non big 3 agency (SM, YG, JYP) dalam sejarah Kpop yang mendapat daesang Artist Of The Year di MAMA 2017, lho! Bahkan BTS memecahkan rekornya meraih daesang di GDA (Golden Disk Award) 2018, dan perlu diketahui juga bahwa GDA ini masih dalam pengawasan SM Ent, dan ini pertama kalinya idol non-SM menang daesang. Proud of you guys!!
             Nah, sebelum BTS ini terkenal, ada beragam sejarah dan cerita panjang yang harus kita simak lho. Dan berikut ulasan yang sudah saya rangkum.

SEJARAH BTS

             BTS (Bangtan Boys) a.k.a Bangtan Sonyeondan (방탄소년단) ini jika diterjemahkan dalam bahasa inggris adalah Bulletproof Boy Scouts. Dan ternyata ada makna yang terkandung dalam nama tersebut yaitu,
"Block out the world’s bullets"
             Yang mempunyai arti bahwa BTS ini siap menangkis semua “peluru” yang ditembakkan dunia pada mereka. Bulletproof yang berarti tahan peluru, menunjukkan karakter Bangtan Boys sebagai grup yang kuat dalam menghadapi terpaan yang menghadang. “Peluru” ini sendiri bukan merupakan makna harafiahnya, namun memiliki arti lain yaitu cobaan, rintangan maupun kritikan. “Bulletproof” juga bisa diartikan ketahanan BTS dalam menjalankan masa training, menjalani debut dan kini menapaki karir di dunia hiburan.
             Menyandang nama Bulletproof Boy Scouts menunjukkan ketangguhannya sebagai grup hip hop yang bertekad menaklukkan dunia dengan music mereka.
              Tapi, pada tahu nggak sih sebelum menggunakan BTS atau Bangtan Boys, mereka mengajukan beberapa nama seperti Big Kids dan Young Nation ? Yups! Menurut member BTS nama Bangtan Sonyeondan itu sedikit aneh sampai-sampai mereka itu pernah digoda oleh teman dan keluarganya. Namun pada akhirnya, nama BTS lah yang dipilih dan masih digunakan sampai sekarang. And see! Member BTS sangat mencintai nama BTS pada akhirnya karena makna dari nama tersebut sangat dalam (seperti yang sudah dijelasin diatas). Suga sendiri memiliki representative tersendiri terhadap nama Bangtan Boys, bahwa :
“Nama Bangtan Boys mengindikasikan bahwa kelompok mereka bisa membelokkan dan mengatasi semua hal yang merintangi jalan mereka.”
             Selain membahas tentang sejarah nama BTS, sekarang saya juga akan menjelaskan tentang pemilihan nama panggung member-member BTS. Simak ulasannya dibawah ini .

*Jungkook*
             Sebelum nama panggungnya disahkan menjadi Jungkook, member BTS bernama lengkap Jeon Jung Kook ini disarankan memakai nama panggung “Seagull” karena nama itu dinilai cocok dengan daerah asalnya, yaitu Busan.
             Namun, saran itu ditolak oleh Jungkook dan memilih menggunakan nama aslinya sebagai nama panggungnya, yaitu Jungkook.

*V*
             Kim Tae Hyung, nama asli V, ini mempunyai cerita mengenai nama panggung satu hurufnya ini. Awalnya, Ia diberi 3 pilihan nama panggung, yaitu “Six”, “Lex” dan “V”. Dan Ia pun memakai V sebagai nama panggungnya karena produser mengatakan bahwa V sangat cocok untuk Tae Hyung. Dan V sendiri kependekan dari “Victory” atau kemenangan.

*Jimin*
             Sama seperti Jungkook, member yang bernama lengkap Park Jimin ini awalnya sempat disarankan memakai nama panggung seperti “Baby J” dan “Kid”, namun Ia tetap menggunakan nama aslinya, yaitu Jimin.

*J-Hope*
             Jung Ho Seok ini merupakan nama asli dari J-Hope. Nama J-Hope ini sendiri mempunyai makna tersendiri, dimana kata “J” disini berarti Jung (marga dalam keluarganya) dan “Hope” berarti harapan.
             J-Hope ini ingin menjadi harapan untuk semua orang. Jadi jangan heran kalo J-Hope ini member yang paling suka senyum dan ceria di BTS

*RM*
             Sebelum berganti nama menjadi RM, Kim Namjoon memakai nama Rap Monster. Ia memakai nama Rap Monster berdasarkan lagu yang Ia buat pada tahun 2011. Jadi ceritanya dibagian akhir lagu tersebut Ia meneriakkan kata-kata “Rap Monster”, dan mulai saat itulah dia dipanggil Rap Monster oleh staff.

             Namun, pada tahun 2017 lalu, Rap Monster mengganti namanya menjadi RM, karena menurutnya nama Rap Monster sangat panjang, dan Ia ingin nama panggung yang simple. Dan jadilah RM!

*Suga*
             Cowok asal Daegu ini memilih nama panggung Suga karena Ia ingin mempromosikan dirinya yang manis. Memang benar sih, Min Yoon Gi (nama asli Suga) itu  memiliki wajah manis, berkulit putih pucat, dan terlihat sangat cantik saat tersenyum. (Apalagi pas dia meranin cewek pindahan pas Run! BTS episode 11, uhh… cantik sekalii)

*Jin*
             Kim Seok Jin atau biasa dikenal dengan nama Jin ini. Ia merupakan member tertua di BTS. Vokalis sekaligus visual BTS ini cukup menggunakan nama terakhirnya sebagai nama panggung, yaitu Jin.

SEJARAH A.R.M.Y
ARMY ? Tentara ? No!
Mungkin yang bukan kpopers pasti menganggap ARMY itu tentara atau hal-hal yang berbau kemiliteran. But, sebenarnya ARMY itu nama fansclub nya BTS lho, guys! Yups benar! ARMY itu sendiri memiliki kepanjangan dari :
“Adorable Representative M.C for Youth
M.C itu sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut Rapper dalam dunia hip hop. Dan bisa diartikan kalau ARMY itu adalah ‘Rapper menggemaskan untuk generasi muda’.

             Selanjutnya, nama ARMY jika dalam bahasa inggris berarti tentara, sedangkan nama Bangtan (Bulletproof) merupakan baju antipeluru. Yang berarti ARMY (tentara) akan selalu bersama dengan Bangtan (baju antipeluru) yang tak dapat terpisahkan dan Bangtan akan selalu melindungi ARMY sebagai baju antipeluru seorang tentara. Duh, so sweet ya^^
Nama ARMY ini sendiri diresmikan pada tanggal 9 Juli 2013. Dan sejak saat itu, BTS selalu aktif di media social untuk bisa berkomunikasi dengan ARMY. FYI aja nih guys, bahwa BTS itu mempunyai blog pribadi [http://btsblog.ibighit.com] dan mereka juga mempunyai channel di Youtube [https://www.youtube.com/user/BANGTANTV] agar mereka bisa berbagi cerita dengan fans.
             Nah, BTS ini memang idol yang terkenal dengan kedekatannya dengan fans sejak jaman debut mereka, bahkan sampai sekarang yang saat ini mereka sedang tenar-tenarnya. Mereka sama sekali nggak sombong dan selalu mengucapkan nama ARMY disetiap pidato kemenangannya.
             Dan sebagai tambahan info juga bahwa, baru-baru ini BigHit telah mendaftarkan nama ARMY sebagai hak ciptanya agar mereka-mereka yang menggunakan nama ARMY untuk kepentingan pribadi atau yang bisa merusak citra ARMY, menjelekkan dan menyerang ARMY bisa ditindak lanjuti. Dengan tujuan untuk menjaga ARMY tetap aman sama seperti mereka menjaga BTS. Wuahhh… Bang PDnim, gomawoyooooo~~~ semakin cinta deh ㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋ~~
             Oke, sekian artikel yang saya bahas kali ini, semoga kalian dapat pencerahan ya tentang apa yang saya ulas diatas hehe… dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, sampai jumpa di kesempatan berikutnya.

***

Comments

  1. sorry ya mau nanya ultah army itu yang bener 13 juni 2013 apa 9 juli 2013?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya nih, 9 Juli itu nama ARMY dibentuk (beda sama ultah nya), nah tanggal anniv ARMY itu diputuskan sama Bighit tanggal 1 Oktober berhubungan sama ARMY Day di Korea #mohon dikoreksi kalau salah ya, chingu~~~

      Delete
  2. Nama army pertama siapa dan berasal dari negara mana si?

    ReplyDelete
  3. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsappsticker.btsbangtanboyswastickerapps

    ReplyDelete
  4. Nonton Film Bioskop Dan Series Terbaik dan Nomor 1 di indonesia kunjungi langsung situs kami link nonton ada di bawah ... selamat menonton :)

    Nonton Film Bioskop & Download Film Sub Indo

    Link nonton 1 >> Nonton Film Sub Indo
    Link nonton 2 >> Nobar24

    ReplyDelete

Post a Comment